Beranda / Nasional / DISPERKIMTAN KABUPATEN BANDUNG TUNJUK BUMDES DALAM MEREALISASIKAN PROGRAM RUTILAHU 2019.

DISPERKIMTAN KABUPATEN BANDUNG TUNJUK BUMDES DALAM MEREALISASIKAN PROGRAM RUTILAHU 2019.

Kab.Bandung Radarjurnal
Sosialisasi yang bertujuan untuk kesejahteraan rakyat sehingga segala upaya pemda kabupaten Bandung memberikan fasilitasi dan Stimulasi perumahan rakyat kurang mampu tahun 2019 yang digelar di gedung Mohamad toha Selasa 26/03/2019, dengan mengedepankan penuntasan kemiskinan masyarakat kabupaten Bandung. Yang dilakukan oleh pihak DISPERKIMTAN Bidang Perumahan Kabupaten Bandung.

Program rutilahu bagi masyarakat ditiap daerah di kabupaten bandung dengan melibatkan pihak BUMDES yang ditunjuk untuk ikut berpartisipasi dalam melaksanakan pekerjaan secara teknis di lapangan dan diharapkan juga semua steakholder ikut serta dalam merealisasikan program tersebut.

Pihak Disperkimtan menunjuk BUMDES untuk mengelola secara transfaran dan akuntable guna menghindari oknum yang tidak bertanggung jawab dengan alasan ada potongan pajak, hal ini sudah  dilakukan oleh pihak Disperkimtan bidang perumahan beberapa tahun kebelakang dalam pelaksanaan dilapangan Dan berharap peran swadaya masyarakat juga untuk ikut berpartisipasi pada program Rutilahu tahun 2019.

Menurut Kadisperkimtan kab. Bandung Ir.Erwin Rinaldi bahwa saat ini program Rutilahu sudah 18 rb yang belum terealisasi tahun 2019 dari 70 rb unit, yang sudah terealisasi sekitar 52 rb unit, sehingga pihaknya lebih mengafresiasi program Rutilahu tahun 2019 dan optimis dalam capaian 2432 unit dapat terealisasi  secara merata ketiap-tiap desa di kabupaten bandung.

Lanjut Erwin, anggaran Program Rutilahu tahun 2019 akan diterima oleh masyarakat sebesar Rp,15jt perunit yang berbentuk material dan tidak ada pemotongan pajak,ungkapnya. ” anggaran untuk Program Rutilahu tahun 2019 saat ini sekitar Rp, 37 miliar  itupun pihaknya berharap adanya Swadaya masyarakat untuk ikut andil dalam menjalankan program Rutilahu, karena rincian yang sudah ditentukan secara musyawarah bersama untuk HOK nya kisaran Rp,800rb untuk upah kerja dan Rp,200rb untuk administrasi pihak Bumdes.

Sekitar 2532 unit dari anggaran Murni, sedangkan 1142 unit dari APBD, 40 unit dari BanGub 2019, 880 unit dari Provinsi, 170 unit dan 200 unit dari APBN, Sehingga masyarakat yang berhak saat ini pun sudah terdata oleh pihak Kemensos dan Dinsos melalui SLRT serta dapat menerima pengaduan masyarakat melalui SLRT dari Dinsos, maka hal ini juga dapat diketahui oleh pihak masyarakat.

Disaat yang sama Kabid perumahan Disperkimtan kabupaten bandung ” Tri ” berharap program Rutilahu tahun 2019 yang berjumlah 2432 unit dapat terealisasi  atau tercapai apabila masyarakat ikut berperan aktif serta berpartisipasi dalam pelaksanaan program Rutilahu yang akan di berikan di tahun 2019, Juga pihak BUMDES diharapkan betul-betul menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh bertanggung jawab sepenuhnya, Seperti halnya ungkapan Bupati bandung H. Dadang M, Naser disela-sela Pidatonya bahwa program Rutilahu bukanlah program ajang keuntungan pribadi atau kelompok melainkan program Rutilahu adalah program sosial bagi masyarakat, Diharapkan juga nantinya semua element ikut mengawasi program Rutilahu. (R)

Baca Juga

GAKKUM KLHK Tindak Lanjuti Laporan AWPI, Lokasi DiDuga Pembuangan Limbah B3 diberi Garis PPLH

BEKASI, Radar Jurnal– Menanggapi pengaduan dari Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI), tim dari Penegak Hukum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *