Beranda / Berita / PELABUHAN TANJUNG TEMBAGA GO INTERNASIONAL

PELABUHAN TANJUNG TEMBAGA GO INTERNASIONAL

Surabaya (RADARJURNAL)- Pada Tahun 2015 4 tahun Lalu, Bertepatan Dengan Hari Jadi Pemerintahan Provinsi Jawa Timur yang ke 70, Pemerintah Pusat melalui Menteri Perhubungan Ignasius Jonan Memberikan Kado Spesial kepada Gubernur Jatim Pakde Karwo yakni sebagai satu satu nya provinsi di Indonesia yang dapat mengelola pelabuhan berstandar Nasional sendiri yakni Pelabuhan Tanjung Tembaga yang terletak di Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo.
Pelabuhan Tanjung Tembaga awal mula nya mulai dioptimalkan sebenar nya untuk mengantisipasi Kemacetan jalur Darat saat terjadi Bencana Lumpur Lapindo di Porong Sidoarjo. Roda perekonomian berbagai usaha terkendala terutama arus transportasi barang yang menuju ke Pasuruan, Probolinggo hingga Banyuwangi. Secara geografis keberadaan PelabuhanTanjung Tembaga merupakan Penyangga dari Pelabuhan Perak Surabaya dan Pelabuhan Gresik dan bisa menguntungkan karena dwelling kapal kapal yang berlabuh di Tanjung Perak.
Di Tahun 2009 hingga 2015,Pemerintah Provinsi Jatim Kolaborasi dengan Pemerintah Pusat menggelontorkan Anggaran yang bersumber dari APBN dan APBD untuk ground breaking Pembangunan Pelabuhan. Anggaran Ratusan Milyar sudah terserap untuk Berbagai pekerjaan pengembangan fasilitas pelabuhan Tanjung Tembaga seperti reklamasi lahan seluas 20 hektar di wilayah pelabuhan dan pekerjaan pembangunan jalan beton,lapangan penumpukan,pembangunan Dermaga 2 dan lain lain. Akhir Tahun 2015,Menhub Ignasius Jonan meresmikan pengoperasian fasilitas pelabuhan laut tanjung tembaga berupa dermaga multipurpose yang bermanfaat mampu meningkatkan kapasitas dan pelayanan jasa kapal di.pelabuhan Probolinggo yang bisa disandari kapal brukuran 15.000 DWT di sisi.selatan dan 20000 di sisi utara.
Meski Progres Pekerjaan Proyek Pembangunan Pelabuhan dari tahun 2009 hingga 2018 menyimpan berbagai permasalahan dugaan Tindak Pidana Korupsi karena memenelan Anggaran yang sangat fantastis hingga 500 Milyar. Pelabuhan Tanjung Tembaga ini diproyeksikan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Pembentukan KEK masih dalam tahap rancangan awal dan diprediksi dapat terealisasi pada tahun 2019. Dengan Menyandang sebagai Pelabuhan Internasional New Tanjung Tembaga bakal menjadi pusat bongkar muat terbesar berikutnya di Jawa Timur. Kedepan kawasan pelabuhan ini akan terintegrasi dengan Stasiun KA Probolinggo sebagai upaya guna mempermudah akomodasi dan pengangkutan barang yang dibongkar muat pelabuhan internasional tersebut. Terutama untuk komoditi batu bara, yang dibongkar di pelabuhan.
Perkembangan signifikant berhasil diraih PT Delta Artha Bahari Nusantara (DABN) anak perusahaan PT Petrogas Jatim Utama (PJU) salah satu BUMD Jatim. Sejak mendapatkan hak penuh pengelolaan Pelabuhan Tanjung Tembaga di Probolinggo Jawa Timur, PT DABN berhasil meningkatkan kesibukan bongkar muat nyaris 100 ribu ton per bulan sepanjang tahun 2018, sejak dilakukannya penandatanganan perjajian konsesi pengusahaan jasa kepelabuhan pada terminal umum dari pemerintah pusat ke Pemprov Jawa Timur, Tanjung Tembaga di Probolinggo semakin diminati oleh kapal-kapal besar. TIdak hanya kapal domestic, namun kapal dari luar negeri juga mulai banyak yang melakukan bongkar muat di pelabuhan pertama di Indonesia yang dikelola BUMD ini.Tahun 2018 kemarin, sudah ada 32 kapal ukuran besar yang melakukan bongkar muat di Tanjung Tembaga setiap bulannya
Untuk pembangunan Pelabuhan Laut Tanjung Tembaga Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah merencanakan secara bertahap diperkiraan selesai dalam tempo 20 tahun dengan cara membagi ke dalam 3 tahapan. Tahapan jangka pendek yakni pembangunan yang dimulai dari tahun 2013-2017, jangka menengah yakni pembangunan dari tahun 2018-2022 dan jangka panjangnya pembangunan yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu tahun 2023.
Untuk mendukung program Presiden Jokowi,Pemeriintah tengah fokus membangun pelabuhan dan meningkatkan kinerjanya untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan pengangkutan barang, termasuk di Pelabuhan Probolinggo,

Baca Juga

Launching Dan Evaluasi,Serta Pelaporan Penggunaan ADD dan DD Tahun 2018 dan mengevaluasi ADD dan DD Tahun 2019 Kabupaten Bandung.

Kab.BandungRadarjurnal Sekda kabupaten Bandung Drs, Teddy rusdiana M.Si yang hadir pada acara kegiatan launching Dana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *